Saturday, April 11, 2009

Packaging Strategy


Sebuah perusahaan yang baik tentu akan melakukan terobosan baru dalam hal mendongkrak nilai penjualannya untuk mendapat keuntungan lebih besar. Namun jangan salah……. kejelian pemilihan strategi dalam hal biaya produksi juga berperan penting. Selisih biaya produksi dengan harga jual terkadang menjadi “momok” sebuah perusahaan. Untuk menekan biaya produksi kadang menurunkan kualitas sebuah produk.

Melihat kemasan “teman tidak sehatku” terbaru yang berubah, menarik untuk dituliskan dalam blog ini , sebelumnya kemasan dibuat dengan sebuah box kertas yang bisa dikira-kira seberat kurang dari 5 gr. Sekarang …………. Box kertas itu ditiadakan. Kemasan 10 bungkus langsung di kemas dengan plastic tipis…………….sungguh cerdik. Kemasan tetap terlihat menarik qualitas tentu tidak berubah namun biaya produksi semakin berkurang.

Packaging Strategy yang cerdik……… bisa dibayangkan menghilangkan box kertas seberat kurang dari 5 gr pasti mengurangi biaya produksi cukup signifikan. Kalau hanya satu lusin mungkin hanya mengurangi kertas seberat 60 gr, tapi kalau satu gudang atau satu pabrik, bagaimana……????

No comments: