Sunday, June 24, 2007

Tg Balai Karimun


Sebuah Pulau kecil di Kepulauan Riau. Tanjung Balai Karimun juga merupakan ibu kota Kabupaten Karimun. Dengan luas daratan 275 Km2 tepatnya terletak di Selat Malaka atau sebelah barat Pulau Batam.

Tahun 1997 populasi Tg Balai Karimun sejumlah 155,000 penduduk, terdiri dari etnis Melayu dan China. Pulau ini banyak menarik turis regional dan internasional baik mereka yang datang untuk berbisnis dan liburan. Tidak bisa dipungkiri bahwa Tg Balai Karimun juga mempunyai daya tarik sebagai penyedia wanita penghibur. Tidak jarang wisatawan dari mancanegara datang hanya mencari kepuasan yang satu ini.

Obyek wisata paling banyak adalah rekreasi bahari. Pantai-pantai di pulau ini hampir semuanya terdiri dari pasir putih, beberapa pantai yang terkenal adalah pantai Pelawan, Pongkar dan Limau. Tetapi ada juga obyek wisata Air terjun pongkar yang teduh.

Alat transportasi khas di pulau ini adalah bus kayu walaupun sudah banyak angkutan umum minibus, Bus kayu ini masih tetap ada dan merupakan daya tarik tersendiri di pulau ini.

1 comment:

tengku_yuwandi said...

saye berharap semoge kabupaten karimun menjadi sebuah zona perekonomian yang mantap. sehingge tercipte lapangan kerje yang memberi peluang kepade masyarakat untuk meningkatkan kesejateraan dan taraf kehidupan kite semua. amin.