Thursday, April 12, 2007

Pasar Malam Sangasanga


Ngga seperti pasar malam di kota-kota besar, Pasar malam di Sanga sanga, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur cukup sederhana. Dalam satu minggu biasanya ada 3 tempat yang biasa dijadikan lokasi Pasar Malam. Minggu malam di Kampung Jawa, Selasa malam di Lapangan ex MTQ dan Jum'at malam di Distrik IV.
Dari ketiganya yang di lapangan ex MTQ yang bisa dikataka paling ramai dan meriah. Lokasi yang lebih strategis dan lebih luas menjadi daya tarik tersendiri bagi penduduk Sanga sanga dan sekitarnya.
Dagangan yang dipasarkan di Pasar malam ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pasar tradisional, namun karena karena dilaksanakan pada malam hari yang membuatnya menjadi ramai. Ikan segar, Ayam potong, telur, kue, jajanan dan sayur mayur biasanya menjadi sasaran ibu-ibu rumah tangga, namun di sini juga menjajakan pakaian jadi, mainan anak serta perabotan rumah tangga dan perkakas.
Di tanggal-tanggal muda biasanya pengunjung penuh memadati pasar karena kemungkinan baru dapat gaji, hi hi hi. Namun biasanya di hari-hari biasa Pasar Malam ini juga ramai dikunjungi walaupun hanya untuk cuci mata saja.
Pasar malam Sanga sanga intinya juga mempunyai tujuan yang seperti Pasar Malam di kota besar dan yang pasti murah meriah.

3 comments:

Vera said...

Wah, jd kangen pasarmalem SS.Aku di SS 3 taon loh. Tdnya rmhku di simpang 4 sebelah bu Juwair yg katanya skrg kebakar, trus pindah 10-10. Eh, Iqmal seumuran ankku, Azka loh...

Gmn SS sekarang?

rizz said...

Mbak Vera,

Sanga2 sekarang lumayan tambah rame karena tambang batubara banyak yang buka

Salam buat Azka....kalo seumuran artinya lagi lucu2nya tuh he he he

Anonymous said...

19 tahun yang lalu aku udah di sanga sanga. sekolah di 99 juga. cuma sekarang lagi merantau. kangen mau pulang ni.. soalnya ortuku masih disana.